Friday, March 29, 2019

tutorial netkit 1: instalasi netkit di ubuntu 10

Mempelajari jaringan komputer terkadang gampang-gampang susah. Selain mempelajari teori dari buku maupun sumber bacaan online, latihan merupakan cara yang dapat digunakan untuk belajar. Karena dengan berlatih, kita dapat menguasai apa yang telah dipelajari dan mengatasi permasalahan yang muncul yang terkadang tidak ada saat kita mempelajari teorinya.

"Pengalaman adalah guru yang terbaik"

Lalu bagaimana dengan mempelajari jaringan komputer? Mempelajari dan memahami konsep jaringan komputer secara real di lapangan membutuhkan sumber daya yang tidak murah. Kita setidaknya membutuhkan beberapa buah komputer yang saling terhubung dengan jaringan (kabel maupun nirkabel), Router, Switch, dan berbagai device lainnya yang harganya lumayan mahal apabila disediakan sendiri. Lalu apakah karena masalah sumber daya tersebut lantas membuat kita berhenti belajar?

Salah satu cara mudah dan murah yang dapat dilakukan untuk mempelajari jaringan komputer adalah dengan metode simulasi. Apa itu simulasi?
Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya. sumber

Bahasa mudahnya, simulasi adalah kegiatan yang caranya sama persis seperti keadaan sebenar-benarnya namun dengan ruang lingkup yang lebih kecil dan sederhana.

Dalam mempelajari jaringan komputer, software yang dapat digunakan untuk melakukan simulasi pembuatan jaringan komputer adalah dengan software NETKIT. Dan video berikut ini adalah proses instalasi NETKIT yang dilakukan di OS Linux Ubuntu. Selamat mencoba


Setelah melakukan proses instalasi NETKIT, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah simulasi pemberian IP ADDRESS pada 1 komputer. Video berikut adalah caranya:

Setelah berhasil melakukan setting IP ADRESS pada 1 komputer, latihan selanjutnya adalah memberikan IP ADRESS pada komputer1 dan komputer2 dan berada dalam satu network.
Setelah itu lakukan proses PING untuk mengecek apakah komputer1 dan kompter2 sudah terhubung. Berikut adalah video tutorialnya:

Ok mungkin cukup tutorial netkit episode pertama.
Nanti akan dilanjutkan lagi video tutorialnya pada episode selanjutnya.

TERIMAKASIH

Share:

2 comments:

  1. bagaimana jika antara computer1 dan computer2 tidak bisa PING (REquest TIme Out)
    Apa penyebabnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan IP nya tidak 1 network. silahkan diubah IP komputer1 dan komputer2 agar berada dalam 1 network

      Delete